Langsung ke konten utama

Ada apa saja di Kota Kita??....

Kabupaten Banyuwangi, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur Pulau Jawa, berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat. Pelabuhan Ketapang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pelabuhan Gilimanuk di Bali.


Kabupaten Banyuwangi terdiri atas 24 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi terdiri dari: 1. Pesanggaran 2. Siliragung 3. Bangorejo 4. Purwoharjo 5. Tegaldlimo 6. Muncar 7. Cluring 8. Gambiran 9. Tegalsari 10. Glenmore 11. Kalibaru 12. Genteng 13. Srono 14. Rogojampi 15. Kabat 16. Singojuruh 17. Sempu 18. Songgon 19. Glagah 20. Licin 21. Banyuwangi 22. Giri 23. Kalipuro 24. Wongsorejo.

Penduduk

Penduduk Banyuwangi cukup beragam. Mayoritas adalah Suku Osing, namun terdapat Suku Madura (kecamatan Wongsorejo, Bajulmati, Glenmore dan Kalibaru) dan Suku Jawa yang cukup signifikan, serta terdapat minoritas Suku Bali dan Suku Bugis. Suku Osing merupakan penduduk asli kabupaten Banyuwangi dan bisa dianggap sebagai sebuah sub-suku dari suku Jawa. Mereka menggunakan Bahasa Osing, yang dikenal sebagai salah satu ragam tertua Bahasa Jawa. Kesenian asal Banyuwangi adalah kuntulan, gandrung , jaranan, barong, janger dan seblang. Suku Osing Banyak mendiami di Kecamatan Rogojampi, Songgon, Kabat, Glagah, Giri, Kalipuro, Kota serta sebagian kecil di kecamatan lain.
Bahasa dan budaya suku Osing banyak dipengaruhi oleh bahasa dan budaya Bali.

Kesenian tradisional

Kesenian tradisional khas Banyuwangi antara lain :

Masakan & Makanan Khas Banyuwang


i
 Rujak Soto khas Kab. Banyuwangi
 Masakan khas adalah Rujak Soto perpaduan Rujak Uleg Jawa Timur yang disiram dengan kuah Soto Babat serta ditaburi emping mlinjo serta sego tempong nasi campur kas Banyuwangi. Oleh-oleh khas ialah Sale pisang Ambon yang banyak diproduksi di kecamatan Songgon serta kue bagiak kue kering yang berbahan dasar tepung sagu.Pokoknya enak dech!!

 Sego Tempong yang juga makanan khas Banyuwangi
Sego Tempong adalah nasi dengan sayur-sayuran atau Kulupan(jawa) dengan sambal super pedasss..... biasanya dengan ikan asin. dinamakan sego tempong karena sensasi sambalnya seperti di tampar. Waww!! Superr Hot!!

Dan maassihh banyak lagi.....................

sumber: wikipedia.org

Komentar

Posting Komentar

Leave Your Comment! Don't exist spams.

Postingan populer dari blog ini

Tingkah Laku, Handling dan Restrain Kucing

Kucing merupakan hewan karnivora yang memiliki kekerbatan dekat dengan harimau. Secara alami kucing hidup liar di hutan mencari mangsa buruan sendiri sesuai behaviornya. Akan tetapi saat ini masyarakat secara global telah menerima keberadaan kucing di lingkungan tempat tinggal manusia, bahkan orang-orang pecinta kucing memasukkan hewan kesayangannya kedalam akta keluarga, seperti halnya anjing. Mereka adalah kucing domestik artinya kucing tersebut telah didomestikasi dari liar menjadi penurut karena telah dihilangkan sifat keliarannya. Meskipun kucing hidup lama bersama manusia, ada kalanya sifat liar kucing tersebut muncul kembali. Sehingga perlu kesigapan dalam mengendalikan kucing-kucing tersebut diantaranya mengetahui tingkah laku kucing dan cara handling maupun restrain.
Senjata utama pada kucing yang perlu sobat ketahui ialah gigi taring yang tajam dan kuku kakinya yang runcing. Ketika kucing tersebut merasa dalam bahaya, jengkel, maupun senang kadangkala senjata tersebut menjad…

Kumpulan Laporan Praktikum Mata Kuliah Biologi Umum

Pagi gaesss....
Dilihat dari judul postingan gue mau sharing nih, ini hasil jerih payah selama kuliah semester dua di jurusan Pendidikan Fisika di Universitas Jember angkatan 2013. Dan meski sekarang bukan lagi di jurusan situ (ceritanya sekarang kuliah di pendidikan dokter hewan), jadi file-file ini nganggur di laptop dan bersarang hampir setahun.
SO... Guys I love sharing to the world, khususnya adek-adekku yang kuliah Biologi Umum pasti nyari-nyari TIPUS (Tinjauan Pustaka) ama DAPUS (Daftar Pustaka). Laporan ini nih insyaallah lengkap dan memenuhi syarat. Hehe
Nilai laporan yang paling jelek yang pernah aku dapat 77, seandainya sempurna nilai tertinggi 85. Tapi yang terpenting adalah.... nilai pre-test, post-test, dan ujian akhir praktikum harus maksimal parahhh... biar dapet "A", jadi belajarlah sungguh-sungguh...
Cukup klik link dibawah ini: