25 Jul 2010

Karya Ilmiah

Diposting oleh Fachrun Tatimma pada 7:43 PM
Reaksi: 
BAB I
PENDAHULUAN
.    A. Latar Belakang

Tumbuhan merujuk pada organisme yang termasuk ke dalam Regnum Plantae. Di dalamnya masuk semua organisme yang sangat biasa dikenal orang seperti pepohonan, semak, rerumputan, paku-pakuan, lumut, serta sejumlah alga hijau. Hampir semua anggota tumbuhan bersifat autotrof, dan mendapatkan energi langsung dari cahaya matahari melalui proses fotosintesis. Karena warna hijau amat dominan pada anggota kerajaan ini, nama lain yang dipakai adalah Viridiplantae ("tetumbuhan hijau"). Nama lainnya adalah Metaphyta.
Cahaya memegang peranan penting dalam proses fisiologis tanaman, terutama fotosintesis, respirasi, dan transpirasi. Arah pertumbuhan tanaman selalu mengarah ke sinar matahari. Seperti tanaman hias di rumah yang ditanam di dalam pot, jika diletakkan di bawah atap akan tumbuh condong mengikuti cahaya matahari. Sedangkan, tanaman hias yang diletakkan di area terbuka, maka batang tumbuhan tersebut tumbuh tegak (vertical ke atas). Berdasarkan uraian di atas penulis memilih judul “CAHAYA MATAHARI BERPERAN PENTING DALAM PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN”

B.   B. Rumusan Masalah

Mengapa tanaman hias di ruangan tertutup pertumbuhan dan perkembangannya tidak sempurna?

C.    C. Tujuan Pengamatan

Untuk memastikan bahwa tumbuhan sangat memerlukan cahaya matahari baik secara langsung maupun tak langsung.

D.   D. Manfaat Pengamatan

1.      Melatih ketrampilan siswa dalam membuat karya ilmiah
2.      Menambah pengetahuan dalam pelajaran biologi
3.      Meningkatkan kemampuan observasi


BAB II
LANDASAN TEORI
Cahaya matahari adalah sinar yang berasal dari matahari. Tanaman menggunakan cahaya matahari untuk berfotosintesis dan membuat makanan. Tanpa cahaya matahari, takkan ada kehidupan di Bumi. Sinar matahari bisa berakibat baik maupun buruk kepada kesehatan seseorang. Dalam terang, tubuh manusia memproduksi vitamin D sendiri. Terlalu lama terpajan sinar matahari bisa menyebabkan kulit terbakar. Tanaman memerlukan cahaya matahari tumbuh hijau. Dengan air tanpa cahaya matahari, tanaman akan tumbuh tinggi dengan cepat, namun akan terlihat kuning dan kekurangan air, meskipun saat disentuh, daunnya teraba amat basah. (Wikipedia.org, 2009)
Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara, karbondioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan energi cahaya matahari. Tumbuhan menangkap cahaya menggunakan pigmen yang disebut klorofil.[4] Pigmen inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. Klorofil terdapat dalam organel yang disebut kloroplas. Klorofil menyerap cahaya yang akan digunakan dalam fotosintesis. Meskipun seluruh bagian tubuh tumbuhan yang berwarna hijau mengandung kloroplas, namun sebagian besar energi dihasilkan di daun. Di dalam daun terdapat lapisan sel yang disebut mesofil yang mengandung setengah juta kloroplas setiap milimeter perseginya. Cahaya akan melewati lapisan epidermis tanpa warna dan yang transparan, menuju mesofil, tempat terjadinya sebagian besar proses fotosintesis. (Wikipedia.org,2010)

BAB III
PELAKSANAAN PENGAMATAN
A.     Tempat dan Waktu
1.      Tempat
Pengamatan ini dilaksanakan di rumah penulis
2.      Waktu
Pengamatan ini dilaksanakan  selama satu minggu dalam bulan Juli (tgl 20 s/d 25 Juli 2010)
B.      Alat dan Bahan
1.      Alat
·         Dua buah pot bunga
·         Pisau
2.      Bahan
·         2 tanaman hias
·         Media tanah
·         Air secukupnya
·         Pupuk kandang

C.       Pelaksanaan pengamatan
1.   Tanaman  hias di masukkan dalam pot yang di isi dengan tanah yang telah di campur dengan pupuk kandang.
2.   Beri air secukupnya.
3.   Letakkan 2 tanaman hias tadi di tempat yang terpisah, satu pot di tempat terbuka, sedangkan yang lainnya diletakkan di dalam ruang tamu.
4.   Amati pertumbuhan batang dan warna daun setiap hari.
5.   Setelah satu minggu bandingkan antara tanaman hias yang berada di ruangan terbuka dan ruangan tertutup.

D.     Hasil Pengamatan
Gambar (a) adalah tanaman hias yang ditempatkan di ruang tamu ( tempat tertutup ). Gambar (b) adalah tanaman hias yang ditempatkan di ruang terbuka.
Setelah melakukan pengamatan terhadap 2 tanaman hias dengan tempat yang berbeda, keduanya sama-sama di beri pupuk dan air. Tetapi, setelah diamati dalam satu minggu ternyata banyak perubahan pada 2 tanaman hias tsb. Pada tanaman hias (a) mengalami perubahan warna daun dan batang menjadi putih kekuning-kuningan/pucat. Sedangkan, tanaman hias (b) masih segar, daun bewarna hijau segar bahkan muncul tunas baru.


BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan

Di dalam menyusun laporan ini penulis memperoleh kesimpulan:
1.   Tanaman sangat memerlukan cahaya matahari untuk pertumbuhan dan perkembangan  tanaman.
2.   Tanaman yang berada dalam ruang tertutup secara periodic harus di keluarkan di tempat terbuka untuk mendapatkan cahaya.
3.   Cahaya memegang peranan penting dalam fisiologis tanaman, terutama fotosintesis, respirasi, dan transpirasi.

DAFTAR PUSTAKA
. 2009 . Cahaya .Wikipedia, org.
                                        . 2010 . Fotosintesis .Wikipedia, org.



KARYA ILMIAH INI SY BUAT UTK PERCOBAAN DAN MASIH SANGAT SEDERHANA. 
KALAU CARA PENYUSUNANNYA BOLEH DITIRU BILA ANDA BERMINAT. ^_^

0 komentar:

Fachrun Nisa Tatimma. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Minni Blog'Schulerin乂⍲‿⍲乂 Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea