Langsung ke konten utama

Bila Kematian telah Tiba

 Sesaat sebelum mati, kita akan merasakan jantung berhenti berdetak, nafas tertahan dan badan bergetar. Kita merasa dingin di telinga. Darah berubah menjadi asam dan tenggorokan berkontraksi.

0 menit, kematian secara medis terjadi ketika otak kehabisan supply oksigen.
1 menit, darah berubah warna dan otot kehilangan kontraksi, isi kantung kemih keluar tanpa izin.
3 menit, sel-sel otak tewas secara massal. Saat ini otak benar-benar berhenti berpikir.
4 sampai 5  menit, pupil mata membesar dan berselaput. Bola mata mengkerut karena kehilangan tekanan darah.
7 sampai 9 menit, penghubung ke otak mulai mati.
1 sampai 4 jam, Rigot Mortis (fase dimana keseluruhan otot di tubuh menjadi kaku) membuat otot kaku dan rambut berdiri, kesannya rambut tetap tumbuh setelah mati.
4 sampai 6 jam, Rigor Mortis terus beraksi. Darah yang berkumpul lalu mati dan warna kulit menghitam.
6 jam, otot masih berkontraksi.proses penghancuran, seperti efek alkohol masih berjalan.
8 jam, suhu tubuh langsung menurun drastis
24 sampai 72 jam, isi perut membusuk.
36 sampai 48, Rigor Mortis berhenti, tubuh selentur penari balerina.
3 sampai 5 hari, pembusukan mengakibatkan luka skala besar, darah menetes keluar dari mulut dan hidung.
8 sampai 10 hari, warna tubuh berubah dari hijau ke merah sejalan dengan membusuknya darah.
Beberapa minggu, rambut, kuku & gigi dengan mudahnya terlepas.
Satu bulan, kulit mulai mencair.
Satu tahun, tidak ada lagi yang tersisa dari tubuh. Kita yang sewaktu hidupnya cantik, gaah, ganteng, kaya dan berkuasa, sekarang hanyalah tumpukan tulang-belulang yang menyedihkan. Jadi, apa sebenarnya yang membuat seseorang begitu sombong???

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tingkah Laku, Handling dan Restrain Kucing

Kucing merupakan hewan karnivora yang memiliki kekerbatan dekat dengan harimau. Secara alami kucing hidup liar di hutan mencari mangsa buruan sendiri sesuai behaviornya. Akan tetapi saat ini masyarakat secara global telah menerima keberadaan kucing di lingkungan tempat tinggal manusia, bahkan orang-orang pecinta kucing memasukkan hewan kesayangannya kedalam akta keluarga, seperti halnya anjing. Mereka adalah kucing domestik artinya kucing tersebut telah didomestikasi dari liar menjadi penurut karena telah dihilangkan sifat keliarannya. Meskipun kucing hidup lama bersama manusia, ada kalanya sifat liar kucing tersebut muncul kembali. Sehingga perlu kesigapan dalam mengendalikan kucing-kucing tersebut diantaranya mengetahui tingkah laku kucing dan cara handling maupun restrain.
Senjata utama pada kucing yang perlu sobat ketahui ialah gigi taring yang tajam dan kuku kakinya yang runcing. Ketika kucing tersebut merasa dalam bahaya, jengkel, maupun senang kadangkala senjata tersebut menjad…

Kumpulan Laporan Praktikum Mata Kuliah Biologi Umum

Pagi gaesss....
Dilihat dari judul postingan gue mau sharing nih, ini hasil jerih payah selama kuliah semester dua di jurusan Pendidikan Fisika di Universitas Jember angkatan 2013. Dan meski sekarang bukan lagi di jurusan situ (ceritanya sekarang kuliah di pendidikan dokter hewan), jadi file-file ini nganggur di laptop dan bersarang hampir setahun.
SO... Guys I love sharing to the world, khususnya adek-adekku yang kuliah Biologi Umum pasti nyari-nyari TIPUS (Tinjauan Pustaka) ama DAPUS (Daftar Pustaka). Laporan ini nih insyaallah lengkap dan memenuhi syarat. Hehe
Nilai laporan yang paling jelek yang pernah aku dapat 77, seandainya sempurna nilai tertinggi 85. Tapi yang terpenting adalah.... nilai pre-test, post-test, dan ujian akhir praktikum harus maksimal parahhh... biar dapet "A", jadi belajarlah sungguh-sungguh...
Cukup klik link dibawah ini: